Translate

Sunday, December 9, 2012

Teknologi Jepang, Refleksi Kemajuan Bangsa


Jepang merupakan salah satu negara maju yang sangat dikenal.  Negara Jepang atau yang dalam Bahasa Jepangnya disebut Nippon atau Nihon secara harfiah berarti “negara/negeri matahari terbit”. Jepang merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Benua Asia, tepatnya di Asia Timur. Jepang juga merupakan suatu kepulauan yang terletak di ujung Samudera Pasifik bagian barat dan di sebelah timur Laut Jepang, serta bertetangga dengan Republik Rakyat China, Korea, Taiwan, dan negara-negara lain, khususnya yang termasuk ke dalam kawasan Asia Timur.
Seperti halnya negara-negara maju lainnya, kemajuan Jepang didukung oleh beberapa faktor, antara lain kemajuan dibidang pendidikan, teknologi, ekonomi, industri, kesehatan, dan sumber daya manusianya. Di bidang teknologi, Jepang sudah selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan negara-negara maju maupun negara-negara berkembang lainnya. Perkembangan teknologi tersebut meliputi bidang kedokteran, industri, peralatan militer, pengolahan makanan, farmasi, konstruksi, serta alat informasi dan telekomunikasi. Oleh karena itu, dipandang dari segi teknologinya saja, Jepang layak disebut sebagai Negara Maju.
Jika kita tengok sejenak ke belakang, saat negara Indonesia masih berada di bawah jajahan Pemerintahan Jepang sekitar tiga setengah tahun lamanya. Saat itu, Bangsa Indonesia melakukan berbagai perlawanan dengan peralatan yang masih sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan bambu runcing. Namun, saat itu Jepang telah menggunakan peralatan perang yang sudah modern. Selain itu, Jepang juga mampu meluluh lantahkan pelabuhan Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat pada Perang Dunia ke II dengan senjata perang dan peralatan militer yang tak kalah modern dengan senjata-senjata perang Amerika Serikat saat itu. Semua senjata perang dan peralatan militer tersebut tak lain merupakan hasil dari perkembangan teknologi Jepang yang ada pada saat itu.
Pada masa sekarang, tentunya perkembangan teknologi Jepang jauh lebih maju lagi. Kita dapat dengan mudah menjumpai berbagai jenis barang atau peralatan produksi Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai jenis barang atau peralatan tersebut  merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Berbagai jenis barang itu antara lain perangkat komputer dan laptop dengan merk Toshiba dan Sony Vaio, televisi, handphone, kipas angin , kulkas, dan  ricecooker. Sedangkan dibidang otomotif seperti mobil dan motor dengan merk Suzuki, Toyota, Daihatsu, Yamaha, dan Honda, serta robot Baby Sister yang pernah diperkenalkan kepada berbagai negara.
Selain itu, Jepang juga telah membuat iphone dengan jenis terbaru. Selain untuk menciptakan teknologi terbaru, iphone ini juga dibuat dengan tujuan sebagai solusi dari tindakan atau perilaku beberapa orang di Jepang yang iseng dan suka mengintip pakaian dalam wanita yang menggunakan rok pendek. Mungkin terdengar sedikit mengejutkan, namun beberapa orang yang cukup meresahkan kaum perempuan di Jepang melakukan tindakan yang kurang terpuji tersebut dengan menggunakan kamera digital. Setelah dibuat iphone terbaru ini, diharapkan masalah tersebut dapat terselesaikan karena iphone terbaru ini akan mengeluarkan bunyi tertentu apabila penggunanya hendak mengambil gambar. Bunyinya serupa dengan suara “jepret” dan dibuat secara permanen, sehingga tidak dapat dimatikan. Selain iphone jenis terbaru, Jepang juga membuat teknologi nano yang sangat bermanfaat, khususnya dibidang material, elektronika, IT, energi lingkungan, bioteknologi, dan kedokteran.
Universitas Tokyo juga menciptakan sendi buatan (artificial joint) terbaru. Mereka bekerjasama dengan Perusahaan Manufaktur Japan Medical Materials Corporation di Osaka, Jepang. Sendi buatan terbaru ini berbeda dengan sendi buatan sebelumnya, di mana sendi buatan terbaru ini tidak mudah longgar pada bagian sambungan dengan tulang dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, sekitar 25-30 tahun berturut-turut.
Perkembangan teknologi Jepang tak hanya sampai di situ. Negeri Sakura ini juga menciptakan kertas performa tinggi dengan menggunakan serat sintetis. Sedangkan Grup Teijin Jepang menciptakan mobil listrik ultra ringan dengan bahan komposit serat karbon, resi polikarbon, dan derived polyster.
Yukitanaka, Seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Tohoki, menemukan  logam campuran yang superelastis. Logam ini berfungsi sebagai anti gempa. Penggunaannya yakni baut yang mengandung logam campuran superelastis ini dipasangkan pada titik temu pondasi dan rangka bangunan. Dengan cara tersebut, diperkirakan bangunan akan tahan gempa dengan getaran paling kuat menurut ukuran Jepang, yakni 0-7 skala richter. Apabila terjadi  gempa, campuran logam akan menyerap energi yang dihasilkan oleh gempa dan membuat bangunan lentur mengikuti guncangan, sehingga bangunan terkesan elastis. Akan tetapi, penemuan ini akan diteliti kembali perihal kualitas dan daya tahan logam tersebut. Meskipun begitu, para ilmuwan dari beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Brazil mengajak Jepang untuk melakukan penelitian bersama.
Berdasarkan beberapa penemuan oleh Bangsa Jepang tersebut merupakan bukti bahwa Jepang telah memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan teknologi dunia. Terkadang kita mendengar pertanyaan atau mungkin kita sendiri yang mengajukan pertanyaan bahwa bagaimanakah Jepang bisa menemukan berbagai penemuan terbaru dan membuat citra Bangsa Jepang semakin hebat di mata dunia?
Sebenarnya, kemajuan teknologi di Jepang sangat berhubungan erat dengan kemajuan dibidang pendidikan. Pendidikan di Jepang sangatlah maju. Bahkan, banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan mereka di Jepang. Selain itu, negara yang lebih terkenal dengan sebutan Negeri Sakura ini lebih mengutamakan kemajuan pendidikan, hal ini dibuktikan dengan sarana dan prasarana belajar yang lengkap dan pengajar-pengajar yang memiliki intelegensi di bidangnya masing-masing.
Namun, lebih dari itu, Bangsa Jepang adalah bangsa yang disiplin, tekun dan ulet. Yang terpenting pula dari Bangsa Jepang ialah sikap mereka yang tak mengenal putus asa. Kesulitan yang mereka temukan dalam suatu masalah tertentu bukanlah penghalang yang membuat mereka berhenti untuk terus belajar dan mencoba. Mereka akan mengatakan”ganbatte kudasai” yang berarti “berusahalah!”. Selain itu Bangsa Jepang juga sangat mengargai karya dan kerja keras orang lain. Mereka juga sering mengatakan “otsukaresamadeshita” yang berarti “maaf, anda telah bersusah payah” sebagai ungkapan  bahwa mereka sangat menghargai hasil jerih payah orang lain. Hal ini sangat mendukung untuk mereka terus menemukan hal-hal baru dan menciptakan teknologi-teknologi yang lebih canggih lagi, karena hasil karya mereka selalu dihargai.

No comments:

Post a Comment